Bank Muamalat Indonesia Siapkan Diri Jadi BPS BPIH

Oleh: Admin BPKH berita bpkh | Minggu, 17 Desember 2017 - 22:44:39 WIB | dibaca: 128 pembaca

Bank Muamalat Indonesia Siapkan Diri Jadi BPS BPIH

(FOTO: Republika.co.id)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Bank Muamalat Indonesia (BMI) bersiap diri jelang seleksi bank penerima setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPS BPIH), termasuk menyiapkan sitem akun virtual yang jadi salah satu syarat tambahan yang disodorkan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Head of Consumer Liability BMI Agus Andipratama Amir menjelaskan, misi BPKH ke depan adalah memberi manfaat terbaik dalam penempatan dana jamaah. Kalau bank bisa aktif, akan bagus untuk bank dan jamaah.

BMI, lanjut Agus, sudah audiensi dengan BPKH dan mendapat respons positif. ''Insya Allah kami bisa,'' kata Agus usai peluncuran program Rezeki Haji Berkah (RHB) periode 2017-2018 di Muamalat Tower, Selasa (28/11).

Dari porsi, dana haji dari Kementerian Agama yang ditempatkan di BMI sebesar Rp 5 triliun dan dana dari tabungan haji umrah nasabah BMI mencapai Rp 1,2 triliun. Dari 800 ribu nasabah aktif, 430 ribunya adalah nasabah tabungan haji dan umroh per Oktober 2017.

''Di lihat dari situ, bobot Bank Muamalat di haji dan umrah. Itu refleksi bisnis kami di sana,'' ucap Agus.

Direktur Utama Bank Muamalat Indonesia Achmad Kusna Permana mengatakan, syarat tambahan yang diajukan BPKH seperti akun virtual sudah dipunyai kebanyak bank-bank syariah dan itu sudah jadi produk generik. Selain itu ada beberapa syarat tambahan lain yang menentukan seperti performa dan jamaah dan sejauh ini BMI termasuk yang terbesar.

Sebelum era BPKH, ada empat syarat yang harus dipenuhi BUS dan UUS untuk menjadi BPS BPIH yakni kesehatan bank, kemampuan TI, jamaah haji dan umrah, serta program perhajian. Ke depan, BPKH akan menambah lima syarat lagi yakni masuk dalam penjaminan LPS, akad wakalah, akun virtual, pengembangan produk, dan jangkauan terhadap jamaah.

Per akhir 2017, dana haji mencapai sekitar Rp 101,6 triliun. Sekitar 65 persen dana haju ada di BPS BPIH dan sisanya di sukuk dana haji Indonesia (SDHI). Saat ini ada 17 BPS BPIH yang bekerja sama dengan Kementerian Agama selama empat tahun sejak 2014 dan akan berakhir pada 2017 ini.

Sumber : Republika.co.id

Link : http://www.republika.co.id/berita/jurnal-haji/berita-jurnal-haji/17/11/28/p04f1n396-bank-muamalat-indonesia-siapkan-diri-jadi-bps-bpih

Admin BPKH
Penulis: Admin BPKH

Badan Pengelola Keuangan Haji (disingkat BPKH) adalah lembaga yang melakukan pengelolaan Keuangan Haji. BPKH bertugas mengelola Keuangan Haji yang meliputi penerimaan, pengembangan, pengeluaran, dan pertanggungjawaban Keuangan Haji.

1 Komentar

  1. Doaharian
    Doaharian 13 Mei 2018 - 10:47:23 WIB

    Terima kasih atas tulisannya, semoga BPKH jaya selalu. Bravo Indonesia.

    Kumpulan doa harian - https://www.doaharian.id/
    Atap UPVC - http://www.sdplafon.com/product
    Agen kayu dolken gelam - https://karinov.co.id/kayu-gelam/
    Wordpress Instan - https://wpinstan.com/

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Jadwal Shalat

Polling


Twitter Feed

Tag Berita

Kalender Agenda

FGD Mitra Investasi Tanggal: 09 Maret 2018
Lokasi : Hotel Grand Sahid Jaya

Galeri Foto