Anggito : Tidak Pandang Bulu, Semua Dana Haji Di Bank Konvensional Ditarik

Oleh: Admin BPKH berita bpkh | Minggu, 17 Desember 2017 - 23:02:29 WIB | dibaca: 116 pembaca

Anggito : Tidak Pandang Bulu, Semua Dana Haji Di Bank Konvensional Ditarik

Sumber foto : Istimewa Anggito Abimanyu saat membuka acara FGD Investasi Keuangan Haji di Perbankan Syariah di Jakarta, Selasa (28/11/17)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Dana haji yang empat tahun lalu sudah diintruksikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama untuk dipindahkan dari bank konvensional ke bank syariah masih ada yang nyangkut. Karena itu BPKH akan segera menariknya.

‘’Tidak pandang bulu, semua dana haji di bank konvensional akan kami tarik seluruhnya,’’ kata Kepala Badan Pelaksana BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji) Anggito Abimanyu saat membuka acara FGD Investasi Keuangan Haji di Perbankan Syariah di Jakarta, Selasa (28/11/17).

Menurut Anggito, dana hasil tarikan itu akan menjadi dana pertama BPKH yang segera diinvestasikan.

Berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji serta Peraturan Menteri Agama Nomor 30 tahun 2013, secara tegas menyatakan bahwa BPS BPIH (Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) adalah bank syariah dan bank umum nasional yang memiliki layanan syariah. Jadi penarikan itu menurut Anggito sebagai bentuk dari kepatuhan dan penegakan terhadap aturan yang ada.

Kata Anggito, sebagaimana amanat undang-undang itu pula bahwa penempatan dana BPKH tetap diperbankan syariah. Hanya saja sebagaimana juga diamanatkan dalam undang-undang, persentase dana yang ditempatkan di perbankan akan dikurangi, yakni dari 65 persen menjadi 50 persen.

Bagaimana agar dana yang ditempatkan bank syariah tidak berkurang? Harus kreatif. Bank syariah harus menciptakan produk-produk yang kreatif agar BPKH bisa masuk berinvestasi. ‘’Silakan menciptakan ide-ide kreatif agar kami bisa melakukan investasi ke bank syariah, tentu produk itu juga harus aman bagi kami,’’ kata Anggito.

Dana yang akan dikelola BPKH sekitar Rp 93 triliun ditambah dengan DAU (Dana Abadi Umat) senilai Rp 6,5 triliun. Dana-dana tersebut sebagian akan ditempatkan di instrument investasi yang aman dan berjangka panjang. Sebagian dana lagi, terutama yang terkait dengan pelaksanaan haji akan diinvestasikan ke tempat yang bukan saja aman tetapi juga likuid, mudah ditarik. (dia)

Sumber : Teropongsenayan.com

Link : http://www.teropongsenayan.com/75697-anggito-tidak-pandang-bulu-semua-dana-haji-di-bank-konvensional-ditarik

Admin BPKH
Penulis: Admin BPKH

Badan Pengelola Keuangan Haji (disingkat BPKH) adalah lembaga yang melakukan pengelolaan Keuangan Haji. BPKH bertugas mengelola Keuangan Haji yang meliputi penerimaan, pengembangan, pengeluaran, dan pertanggungjawaban Keuangan Haji.

1 Komentar

  1. Doaharian
    Doaharian 13 Mei 2018 - 10:46:03 WIB

    Terima kasih atas tulisannya, semoga BPKH jaya selalu. Bravo Indonesia.


    Kumpulan doa harian - https://www.doaharian.id/
    Atap UPVC -
    http://www.sdplafon.com/product
    Agen kayu dolken gelam - https://karinov.co.id/kayu-gelam/
    Wordpress Instan - https://wpinstan.com/

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Jadwal Shalat

Polling


Twitter Feed

Tag Berita

Kalender Agenda

FGD Mitra Investasi Tanggal: 09 Maret 2018
Lokasi : Hotel Grand Sahid Jaya

Galeri Foto