Gugatan Investasi Dana Haji Ditolak MK

Oleh: Admin BPKH berita bpkh | Senin, 18 Desember 2017 - 10:57:26 WIB | dibaca: 168 pembaca

Gugatan Investasi Dana Haji Ditolak MK

(FOTO: Detik.com)

Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan UU Nomor 34/2014 tentang Keuangan Haji. Sembilan hakim konstitusi menegaskan gugatan tersebut tidak beralasan sesuai dengan hukum.

"Mengadili, menyatakan menolak permohonan untuk seluruhnya," putus Ketua MK Arief Hidayat dalam sidang di gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Dalam pertimbangannya, Arief menyatakan gugatan terhadap 3 pasal dalam UU Keuangan Haji, yaitu Pasal 24 huruf a, Pasal 46 ayat 2, dan Pasal 48 ayat 1, tidak bertentangan dengan UUD 1945.

Dia mengatakan investasi dana haji juga tidak melanggar hak konstitusional calon jemaah.

Terkait dengan awal setoran bagi calon jemaah, Arief mengatakan hal itu tidak merugikan calon jemaah. Setoran juga tidak menghalangi hak seseorang untuk menunaikan haji.

"Bahwa dimaksud pemohon untuk menunaikan ibadah haji dengan membayar dana awal yang mana dana itu dikelola dan diinvestasikan sama sekali tidak menghalangi hak pemohon untuk menunaikan ibadah haji sesuai dengan antrean yang telah diperolehnya ketika mendaftar dan mendapatkan porsi haji," jelas Arief.

Ihwal besaran setoran awal dana haji, Arief menjelaskan hal itu bukan masalah dari konstitusi. Dia mengatakan hal itu berkaitan dengan tugas pemerintah sebagai penyelenggara haji.

"Sehingga dalil permohonan terhadap besaran dana awal tidak perlu dipertimbangkan lebih lanjut," ujarnya.

Gugatan terhadap UU Keuangan Haji itu diajukan oleh seorang advokat, M Sholeh. Dia menggugat 3 pasal dalam UU itu, yaitu pasal 24 huruf a, pasal 46 ayat 2, dan pasal 48 ayat 1.

Dalam gugatannya, Sholeh merasa keberatan atas uang muka atau DP untuk investasi haji. Sebagaimana diatur, dana awal investasi haji ialah Rp 25 juta.

Sumber : Detik.com

Link : https://news.detik.com/berita/3766769/gugatan-investasi-dana-haji-ditolak-mk

Admin BPKH
Penulis: Admin BPKH

Badan Pengelola Keuangan Haji (disingkat BPKH) adalah lembaga yang melakukan pengelolaan Keuangan Haji. BPKH bertugas mengelola Keuangan Haji yang meliputi penerimaan, pengembangan, pengeluaran, dan pertanggungjawaban Keuangan Haji.

1 Komentar

  1. Wordpress
    Wordpress 13 Mei 2018 - 10:45:27 WIB

    Terima kasih atas tulisannya, semoga BPKH jaya selalu. Bravo Indonesia.


    Kumpulan doa harian - https://www.doaharian.id/
    Atap UPVC dan plafon PVC -
    http://www.sdplafon.com/product
    Agen kayu dolken gelam - https://karinov.co.id/kayu-gelam/
    Wordpress Instan - https://wpinstan.com/

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Jadwal Shalat

Polling


Twitter Feed

Tag Berita

Kalender Agenda

FGD Mitra Investasi Tanggal: 09 Maret 2018
Lokasi : Hotel Grand Sahid Jaya

Galeri Foto