Lembaga Ini Bakal Kelola Dana Haji Rp 100 Triliun

Oleh: Admin BPKH berita bpkh | Jumat, 02 Maret 2018 - 16:43:15 WIB | dibaca: 335 pembaca

Lembaga Ini Bakal Kelola Dana Haji Rp 100 Triliun

Jakarta - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) resmi mengambilalih pengelolaan dana haji dari Kementerian Agama. Dana haji tahun ini diperkirakan mencapai Rp 100 triliun.

Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu mengaku masih belum bisa memberikan informasi secara pasti berapa jumlah dana haji tahun ini. Pasalnya dana tersebut masih dalam perhitungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Nunggu hasil auditnya berapa. (Pengelolaannya) Sudah diserahkan, tapi kami tunggu hasil auditnya untuk legalisasi lah berapa angkanya," kata Anggito kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (2/3/2018).
 

Walau belum bisa memastikan jumlah dana haji tahun ini, namun dia mengatakan dana haji 2018 lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Jumlah dana haji 2017 sendiri tercatat sekitar Rp 96 triliun.

Untuk tahun ini, Anggito memperkirakan jumlah dana haji yang dikelola mencapai Rp 100 triliun. Namun semua itu masih berdasarkan perhitungannya, dan belum secara pasti lantaran masih ada di BPS.

"Di atas Rp 100 triliun sedikit lah, Rp 102 atau berapa. Saya kurang tahu persisnya, karena kita belum bisa menyampaikan sambil menunggu hasil audit BPK," kata dia.

Berdasarkan PP 5/2018, nantinya dana haji tersebut bakal dikelola dengan berbagai cara. Mulai dalam bentuk produk perbankan syariah seperti giro, deposito berjangka, dan tabungan, serta dapat dilakukan dalam bentuk surat berharga, emas, investasi langsung, dan investasi lainnya.

Namun Anggito mengaku saat ini pihaknya masih menyusun rencana yang tepat dalam mengelola dana haji tersebut. Dia masih belum bisa merinci bakal seperti apa mengelola dana haji itu nantinya.

"Ya kita nggak tahu karena ini kan PP-nya masih dipelajari, kemudian kita masih susun rencana, baru mau dibahas dengan dewan rencana, dan masih harus dibawa ke DPRD," kata Anggito.

(fdl/zul)

Admin BPKH
Penulis: Admin BPKH

Badan Pengelola Keuangan Haji (disingkat BPKH) adalah lembaga yang melakukan pengelolaan Keuangan Haji. BPKH bertugas mengelola Keuangan Haji yang meliputi penerimaan, pengembangan, pengeluaran, dan pertanggungjawaban Keuangan Haji.

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Jadwal Shalat

Polling


Twitter Feed

Tag Berita

Kalender Agenda

FGD Mitra Investasi Tanggal: 09 Maret 2018
Lokasi : Hotel Grand Sahid Jaya

Galeri Foto