BPKH Kelola Dana Haji Rp 105 Triliun, Investasikan Kemana?

Oleh: Admin BPKH berita bpkh | Selasa, 19 Juni 2018 - 18:41:31 WIB | dibaca: 3621 pembaca

BPKH Kelola Dana Haji Rp 105 Triliun, Investasikan Kemana?

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) baru saja memperingati hari ulang tahunnya yang pertama pada Kamis (7/6) lalu. Meski telah berusia satu tahun, Plt Kepala BPKH, Anggito Abimanyu mengatakan baru mengelola dana pada awal Januari 2018.

Menurut dia, hingga Marat 2018 total dana yang dikelola BPKH sebanyak Rp 105.191.372.936.614. Untuk lebih mendapat manfaat, dana haji ini akan disalurkan melalui berbagai investasi. Saat ditanya akan diinvestasikan kemana, Anggito mengatakan yang jelas investasi itu bentuknya yang berhubungan langsung dengan jamaah haji.

"Investasi yang akan kami lakukan disamping surat berharga, itu ada Investasi langsung di Arab Saudi dan langsung dapat riyal," ujar Anggito saat ditemui usai acara pemotongan tumpeng Milad BPKH ke-1 di Hotel Grabd Sahid, Jakarta, Kamis (7/6).

Anggito mengatakan, selama setahun ini BPKH telah banyak melakukan berbagai upaya untuk mengelola dana haji, di antaranya melakukan penunjukan 31 Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) dan 15 Manajer Investasi. "Pagi tadi kami sudah mendapat kepastian laporan keuangan sudah akan diserahkan, dan insya Allah setelah lebaran akan diserahkan," ucap dia.

Selain itu, BPKH juga telah membuat MoU atau kerja sama keuangan haji dengan Kementerian Keuangan, IDB (Islamic DeveIopment Bank), Adahi-IDB, PINA-Bappenas, dan penjajakan kerja sama dengan pemilik hotel dan katering di Arab Saudi. Anggito optimis kehadiran BPKH ke depannya akan meningkatkan manfaat bagi penyelenggaraan ibadah haji dan memberikan maslahat bagi umat Islam.

 "Mudah-mudahan seluruh investasi dapat dilaksanakan," kata Anggito.

Di tempat yang sama, Wakil Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily mengatakan, dana Rp 150 triliun yang dikelola BPKH tersebut merupakan dana umat, sehingga harus digunakan untuk meningkatkan layanan haji. Menurut dia, setiap uang yang disimpan atau diinvestasikan pasti ada manfaatnya dan setiap tahun bertambah.

"Kalau dipergunakan untuk pelayanan haji, itu bisa mengurangi biaya haji, jadi nilai manfaatnya untuk masyarakat. Kalau dana haji untuk infrastruktur, itu tidak tepat," kata Ace.

Admin BPKH
Penulis: Admin BPKH

Badan Pengelola Keuangan Haji (disingkat BPKH) adalah lembaga yang melakukan pengelolaan Keuangan Haji. BPKH bertugas mengelola Keuangan Haji yang meliputi penerimaan, pengembangan, pengeluaran, dan pertanggungjawaban Keuangan Haji.

4 Komentar

  1. herbamen obat kuat terbaik tanpa efek samping
    herbamen obat kuat terbaik tanpa efek samping 11 Juli 2018 - 10:16:21 WIB

    terimakasih informasinya http://goo.gl/8npLz8

    1. obat tradisional penyakit sesak nafas
      obat tradisional penyakit sesak nafas 15 Agustus 2018 - 10:57:47 WIB

      terimakasih informasinya http://goo.gl/ccpkVQ

      1. obat tradisional penyakit sesak nafas
        obat tradisional penyakit sesak nafas 15 Agustus 2018 - 10:58:00 WIB

        terimakasih informasinya http://goo.gl/ccpkVQ

        1. wall insulation
          wall insulation 19 September 2018 - 15:13:23 WIB

          lebih baik di investasikan ke bagian property saja seperti di website ini : http://www.hiloninsulation.com/ tidak hanya menguntungkan, tapi investasi property selalu meningkat nilai jualnya tiap tahun

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Jadwal Shalat

Polling


Twitter Feed

Tag Berita

Kalender Agenda

FGD Mitra Investasi Tanggal: 09 Maret 2018
Lokasi : Hotel Grand Sahid Jaya

Galeri Foto