Cari Jamaah Haji yang Hilang, PPIH Koordinasi dengan Saudi

| Sumber Foto:republika Online 2019

Redaktur : Nashih Nashrullah · Reporter : Syahruddin El Fikri

IHRAM.CO.ID, JEDDAH— Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memastikan akan terus mencari Tapsirin Ratam Wajat (82), jamaah haji asal Kloter 11 Embarkasi Palembang yang hilang saat di Muzdalifah. 

Hal itu disampaikan Ketua PPIH Arab Saudi, Endang Djumali, kepada wartawan Media Center Haji di sela-sela acara Malam Apresiasi Haji 2019 di Jeddah, Selasa (10/9) malam. 

"Kami akan terus berupaya mencarinya (Tapsirin, red) hingga selesainya operasional penyelenggaraan haji 2019," ujar Endang Djumali.

Menurutnya, pencarian itu dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan. "Kita akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait di Arab Saudi, termasuk dengan pihak kepolisian setempat untuk membantu serta juga dengan pihak rumah sakit," ujarnya.

Endang Djumali menyebutkan, setidaknya pencarian akan berlangsung hingga selesainya operasional haji pada tanggal 15 September 2019. Namun demikian, pencarian bekerja sama dengan pihak terkait di Arab Saudi hingga setahun ke depan.

Ia menambahkan, ini kasus yang cukup rumit mengingat kejadian tersebut terjadi di daerah Muzdalifah yang notabene tidak ada kegiatan apa-apa selain musim haji.

"Petugas kita sudah melakukan pencarian di seputar Muzdalifah, namun hasilnya nihil. Dan kita sudah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit juga untuk mendapatkan informasi seputar keberadaan yang bersangkutan," kata dia.

Endang Djumali menambahkan, pihaknya belum berani memastikan kondisi yang bersangkutan sudah wafat atau apapun selama belum ada kejelasan, terutama dari pihak Arab Saudi. "Kami harus menunggu juga," ungkapnya.

 


Sumber :https://www.ihram.co.id/berita/pxns1w320/cari-jamaah-haji-yang-hilang-ppih-koordinasi-dengan-saudi

Bagikan Berita Ini