BPKH Sediakan Biaya Hidup (LIVING COST) Jemaah Haji Sebesar Rp1,21 Triliun

Redaktur : · Reporter :

Jakarta - Memenuhi biaya hidup atau living cost jemaah haji termasuk tambahan kuota 10 ribu jemaah, BPKH melakukan proses lelang pengadaan Bank Notes Saudia Arabia Riyal (SAR). Hasilnya Bank BRI menjadi instansi yang melakukan pengadaan dan pendistribusian SAR kepada calon Jemaah Haji

Pada dasarnya dana Penyelenggaraan Ibadah Haji (PIH) tersedia dalam bentuk rupiah, sehingga agar dapat digunakan pada saat pelaksanaan ibadah haji harus dikonversi ke dalam mata uang asing yakni Saudi Arabian Riyal (SAR).  Penerima bank notes tahun ini sebanyak 214 ribu jemaah haji yang terbagi dalam berbagai kloter dan akan berangkat pada periode Juli-Agustus 2019. BPKH memberikan living cost sebesar SAR 1.500 untuk setiap jemaah melalui 19 embarkasi yang terdapat di seluruh Indonesia. Ke-19 embarkasi tersebut adalah embarkasi Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bekasi, Solo, Surabaya, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Lombok, Makasar, Gorontalo, Jambi, dan Riau. Total fasilitas bank notes yang akan kami sediakan untuk didistribusikan kepada para jemaah haji sebanyak SAR 321 juta atau sebesar USD 85,6 juta yang senilai dengan Rp 1,21 triliun.

Hari Senin (24/6) bertempat di Kantor Pusat Bank BRI di Jakarta, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Paket Pekerjaan Penyediaan Bank Notes Saudi Arabian Riyal (SAR) untuk Living Cost Jemaah Haji Reguler Tahun 1440 H / 2019 M yang dilakukan oleh Anggota BPKH Acep Riana Jayaprawira dan Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto disaksikan oleh Kepala BPKH Anggito Abimanyu serta Direktur Utama Bank BRI Suprajarto. 

Melalui gerai Money Changer BRI yang ada di seluruh embarkasi, jemaah haji yang memerlukan SAR pecahan kecil dapat menukar banknotes SAR pecahan 1, 5, dan 10. BRI juga melayani penukaran uang dengan sistem bundling, dengan nominal Rp 500 ribu, Rp 1 juta, Rp 5 juta dan Rp 10 juta dengan kurs sesuai yang berlaku. 

Setiap jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini akan mendapatkan bank notes dengan rincian 2 lembar pecahan SAR 500 dan 5 lembar pecahan SAR 100. Jangka waktu pekerjaan penyediaan bank notes Saudi Arabian Riyal (SAR) terhitung sejak 10 (sepuluh) hari kalender sebelum pemberangkatan kloter pertama dan berakhir 1 (satu) hari setelah pemberangkatan kloter terakhir pada fase pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi.

Untuk ke enam kalinya berturut-turut BRI memenangkan pelelangan pengadaan SAR ini. Tahun ini BRI dapat memenangkan lelang karena harga yang kompetitif dan juga ketersediaan outlet bank terbanyak di Indonesia.

 

Contact:

Divisi Komunikasi dan Humas BPKH

HP: 081905033483

Email: humas@bpkh.go.id

Instagram: Bpkhri

Twitter: Bpkhri

Bagikan Berita Ini