Luncurkan Siskehat, BPKH Di dukung Data Center Canggih    

Redaktur : · Reporter :

 

             Jakarta, -  Badan Pengelola Keuangan Haji  (BPKH) meluncurkan Sistem Keuangan Haji Terpadu (Siskehat) yang didukung penggunaan data center canggih. Aktifitas keuangan haji yang meliputi penerimaan, pengeluaran dan pencatatan aset keuangan menggunakan fasilitas teknologi informasi TIER III yang disediakan oleh mitra BPKH yaitu Telkomsigma untuk memberikan perlindungan yang baik untuk pengelolaan sistem dan data BPKH. TIER III merupakan sertifikasi berstandard internasional dengan kriteria yang meliputi beberapa faktor seperti desain, fasilitas dan operasional yang dijamin kehandalan dan keamanan fasilitasnya.

              Dijelaskan oleh Direktur Telkomsigma Sihmirmo Adi, “Telkomsigma menyediakan layanan Co-location untuk BPKH artinya infrastruktur dari data BPKH ada di dalam kawasan Telkomsigma dan dikelola dengan sesuai standar sertifikasi yang baik untuk menjaga konsistensi, availability dan juga keamanan dari kegiatan tersebut”.

               Penyimpanan data BPKH didukung dengan dua system power supply dan akses pengamanan berlapis sebagaimana yang digunakan dalam bisnis perbankan. Lebih lanjut, Anggota Bidang Operasional BPKH, A. Iskandar Zulkarnain menandaskan bahwa saat ini jumlah Jemaah haji tunggu mencapai 4,2 juta jemaah dan dengan masa tunggu sampai 20 tahunan sehingga diperlukan administrasi penyimpanan data dengan teknologi informatika yang canggih dan aman.

               Peluncuran Sistem keuangan Haji Terpadu (Siskehat) akan memberikan tata kelola administrasi data secara terintegrasi, misalnya untuk pemberian nilai manfaat yang dibagikan melalui virtual account langsung kepada jemaah haji, penerimaan setoran awal, investasi, penempatan dana dan catatan aset keuangan lainnya.

      

Contact:

Divisi Komunikasi dan Humas BPKH

Email: humas@bpkh.go.id

Instagram: Bpkhri

Twitter: Bpkhri

Bagikan Berita Ini