BPKH berinvestasi dalam dana Sovereign ITFC IsDB

Redaktur : · Reporter :

Dalam rangka mengoptimalkan nilai manfaat dana haji dalam mata uang US Dollar, pada hari Kamis, 5 Desember 2019 BPKH menandatangani perjanjian Partnership Agreement dengan International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC) yang merupakan group dari Islamic Development Bank (IsDB). 

Perjanjian ini adalah terobosan awal BPKH sebagai sophisticated investor kelas dunia, dalam instrumen ITFC Sovereign Energy Fund senilai USD. 25 juta. Dana investasi yang dikumpulkan dalam instrumen investasi tersebut akan disalurkan kepada sektor energi di negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI), dengan komitmen pembayaran dari APBN negara Sovereign anggota, termasuk Indonesia.

Andil sektor riil berupa project yang telah diselenggarakan ITFC, diantaranya Pusat Pelatihan Kopi untuk para petani di Sumatera Utara Indonesia.

Bersamaan dengan agenda penandatanganan tersebut, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Efendy didampingi Kepala BPKH Anggito Abimanyu menyempatkan bersilaturahim dengan Presiden IsDB. 

Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa potensi kerjasama antara BPKH dengan IsDB group, salah satunya adalah distribusi daging dam (denda) jemaah haji Indonesia ke tanah air untuk dinikmati  khalayak mustahiq/yg berhak dan korban bencana.

Bagikan Berita Ini