Souq Suwaiqah, Pasar Bersejarah di Madinah

Souq Suwaiqah, Pasar Bersejarah di Madinah

IHRAM.CO.ID, MADINAH — Souq Suwaiqah merupakan salah satu pasar bersejarah dan arkeologis terpenting di Madinah, Arab Saudi. Souq, yang berarti pasar, ini terletak di sebelah barat Masjid Nabawi di Madinah.

Pasar ini dahulunya menjadi saksi banyaknya pembeli dan pengunjung, terutama selama Ramadhan dan hari libur serta acara lainnya. Sebelum akhirnya, kebakaran besar pada 1976 menghancurkan pasar tersebut sepenuhnya.

Perdagangan tekstil mendominasi pasar Suwaiqah. Namun, adapula emas, parfum dan produk lainnya, yang diperdagangkan di pasar tersebut. Dilansir di Arab News, Sabtu (4/9), beberapa sejarawan percaya bahwa souq Suwaiqah sudah ada lebih dari 430 tahun.

Seorang ulama, Sheikh Abdul Haq Dahlavi, menyebutkan dalam salah satu bukunya bahwa jalan terbesar di sana disebut ‘jalan Al-Ainiyah’, tempat pasar berada.

Beberapa bulan yang lalu, sebuah proyek baru bertajuk “Al-Ainiyah dan Suwaiqah” diluncurkan, yang merupakan bagian dari proyek dan inisiatif Namaa Al-Munawara.

Proyek ini bertujuan untuk mensimulasikan pasar lama dan menghidupkannya kembali, dengan memadukan modernitas dan sejarah untuk mendukung kewirausahaan dan berkontribusi untuk mempromosikan bisnis dan warisan sejarah.

Share this post