Terapkan Manajemen Anti Suap, BPKH Raih SMAP SNI ISO 37001:2016

Terapkan Manajemen Anti Suap, BPKH Raih SMAP SNI ISO 37001:2016

Badan Pengelola Keungan Haji (BPKH) resmi memperoleh sertifikat SNI ISO 37001:2016 pada ruang lingkup kegiatan Penghimpunan Dana, Investasi, Penempatan, Kemaslahatan, Keuangan, Pengadaan dan Umum, Sumber Daya Manusia, Legal, Kepatuhan dan Manajemen Risiko, setelah menjalani serangkaian proses audit sertifikasi yang sesuai dengan penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (“SMAP”). Penerapan SMAP ini sejalan dengan asas transparan dalam pengelolaan keuangaana haji yang diatur dalam UU No. 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji. Penerapan SMAP dilakukan mulai dari jajaran Dewan Pengawas, Badan Pelaksana dan seluruh insan BPKH dengan mengusung tagline “Tolak Korupsi, Berjuang untuk Jemaah Haji”

Sertifikat diterima secara langsung oleh Anggota BPKH Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Acep Riana Jayaprawira di Kantor BPKH, Menara Bidakara, Jakarta (16/11) dan disaksikan secara virtual oleh Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu serta seluruh insan BPKH. Dalam kesempatan itu Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu mengungkapkan bahwa sertifikasi ini merupakan bentuk komitmen BPKH untuk mencegah dan menangkal segala bentuk praktik-praktik penyuapan pada saat BPKH menjalankan tugasnya untuk mengelola keuangan haji.

Dengan diraihnya sertifikasi SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ini diharapkan dapat mendukung tercapainya visi BPKH menjadi lembaga pengelola Keuangan Haji sekaligus memberikan panduan bagi BPKH untuk bisa  mengidentifikasi, mencegah, dan mendeteksi penyuapan.

Tidak kalah penting Anggito Abimanyu menambahkan dengan diterapkannya SMAP di BPKH dapat memberikan pesan yang kuat baik internal maupun eksternal terhadap keseriusan BPKH sebagai lembaga berintegritas  yang anti penyuapan  dan anti korupsi.

“Dalam penerapan SMAP ini BPKH tidak bisa berjalan sendiri namun perlu dukungan dan peran aktif dari semua para pemangku kepentingan termasuk didalamnya terdapat mitra investasi/ mitra penempatan/mitra kemaslahatan/mitra kerja lainnya dan insan BPKH. Pada setiap proses bisnis di BPKH tidak ada lagi praktik penyuapan dan praktik korupsi. Setiap insan BPKH wajib terus menerapkan nilai IQRA (Integrity, Quality, Respect, Accountability) sehingga terbangun budaya sadar anti penyuapan, terbangun GCG yang baik serta terbangun kepercayaan masyarakat, calon Jemaah haji dan para pemangku kepentingan”, pungkas Anggito.

 

Contact:

Divisi Komunikasi dan Humas BPKH

HP: 081316165885

Email: humas@bpkh.go.id  

Instagram: Bpkhri

Twitter: BPKHRI

Share this post