Dialog Nabi Adam dengan Malaikat Setelah Haji

Dialog Nabi Adam dengan Malaikat Setelah Haji

IHRAM.CO.ID,JAKARTA — Dalam sebuah hadits disebutkan, tatkala Nabi Adam AS selesai menunaikan ibadah haji, para malaikat menjumpainya. Lalu berkata.

“Hai Adam, hjimu diterima oleh Allah SWT (mabrur),” kata Malaikat seperti dikisahkan Imam Al-Ghzali dalam kitabya Ihya Ulum-id-Dien.

Malaikat kembali berkata kepada Adam yang telah menyelesaikan hajinya itu. “Sesungguhnya kami telah mengerjakan haji di Baitullah ini dua ribu tahun yang lalu sebelum engkau,” katanya.

Imam Al-Ghazali mengatakan, diriwayatkan dalam sebuah hadis, Allah Azza wa Jalla melihat penduduk bumi pada setiap malam. Pertama kali Allah SWT akan melihat penduduk tanah suci Makkah.

“Dan orang pertama yang dilihatnya dari penduduk tanah suci itu adalah penduduk Masjidil Haram Ka’bah,” katanya.

Maka kata Imam Al-Ghazali barangsiapa ketika dilihat olehnya sedang bertawaf di situ, maka akan diampuni dosanya. Dan barangsiapa ketika dilihat olehnya sedang mengerjakan salat maka akan diampuni dosanya, dan barangsiapa dilihatnya sedang berdiri menghadap ke Ka’bah, maka diampuni pula dosanya.

Imam Al-Ghazali mengatakan, salah seorang waliyullah berkata, “Matahari akan terbenam pada sore hari apabila masih ada seorang saleh yang bertawaf di Ka’bah ini, dan matahari akan terbit fajar pada pagi hari apabila masih ada seorang wali bertawaf di Ka’bah ini. 

Dan apabila sudah tidak ada lagi kaum muslimin yang bertawaf di Ka’bah, itu menandakan mereka para Wali Allah telah terangkat dari bumi. Maksudnya, tidak ada lagi orang saleh di muka bumi. 

“Kalau manusia hanya bisa memandang Kabah tanpa bisa berbuat apa-apa dan tanpa merasakan apa-apa, dan akibatnya selama tujuh tahun kemudian tidak akan ada lagi orang yang mengerjakan Haji,” katanya.

Kemudian diangkatlah Alquran dari mushafnya. Maka jadilah manusia hanya bisa melihat kertas putih tanpa ada petunjuk apapun di dalamnya, lalu terhapuslah dari hati kaum muslimin dan kesesatan lah yang terjadi.

Kemudian Dajjal muncul dan Nabi Isa AS turun ke bumi lagi lalu membunuh Sang Dajjal. Hari kiamat sangat mendekat, ibarat wanita hamil 9 bulan yang beberapa saat lagi akan melahirkan.

Sebuah hadis menyebutkan, “Perbanyaklah tawaf di Ka’bah ini sebelum diangkat Allah. Sesungguhnya Ka’bah telah dua kali hancur dan untuk 3 kalinya ia akan diangkat oleh Allah.” 

Rasulullah bersabda bahwa Allah berfirman, “Apabila aku berkehendak akan menghancurkan dunia, maka aku akan memulai dengan rumahku (Baitullah). Baitullah ancurkan, kemudian Aku hancurkan dunia seluruhnya.”

Share this post