Ini Waktu Idul Adha yang Ditentukan Arab Saudi

Ini Waktu Idul Adha yang Ditentukan Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH — Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi mengatakan bahwa Idul Adha jatuh pada 31 Juli 2020. Sehingga hari ini, Selasa (21/7) merupakan hari terakhir di bulan Dzulqodah.

Dilansir dari Saudi Pres Agency (SPA), pada Selasa (21/7), komite ad hoc ditugaskan untuk memantau munculnya bulan sabit baru, bulan Dzulhijjah. Hasil pengamatan, tidak ada yang melihat kemunculannya sehingga diputuskan bahwa hari Selasa ini merupakan hari terakhir dari bulan Zulqodah 1441 H.

Sebagaimana perintah Nabi Muhammad saw, bahwa apabila kemunculan bulan sabit baru tidak terlihat oleh mata maka diputuskan bulan digenapkan jumlahnya hari menjadi 30 hari. Satu bulan dalam sistem penanggalan Islam terdiri antara 29 dan 30 hari.

Sehingga Selasa 21 Juli 2020 adalah hari terakhir Bulan Dzulqodah dan Rabu 22 Juli 2020 adalah hari pertama bulan Dzulhijjah.

Mahkamah Agung menambahkan, bahwa Hari Arafat yaitu hari kesembilan Dzulhijjah dan merupakan puncak dari ibadah haji akan jatuh pada hari Kamis, 30 Dzulhijjah. Sehingga 10 Dzulhijjah yang merupakan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 31 Juli 2020.

Terakhir, Mahkamah Agung berharap, Allah memberikan perlindungan kepada seluruh jamaah haji tahun ini agar bisa menyelesaikan ibadah haji mereka dengan aman. Serta agar Allah memberikan keselamatan kepada umat Muslim di seluruh dunia.

Share this post