Kubah Masjid Mubarak Begum di Old Delhi Rusak karena Hujan

Kubah Masjid Mubarak Begum di Old Delhi Rusak karena Hujan

REPUBLIKA.CO.ID,DELHI — Kubah utama masjid warisan ikonis di daerah Hauz Qazi, Old Delhi, rusak. Rusaknya bagian masjid yang identik berwarna merah ini, Masjid Mubarak Begum, diakibatkan hujan lebat yang terjadi Ahad (19/7) kemarin. 

Ibukota negara itu diketahui dilanda hujan lebat Ahad pagi hingga menyebabkan genangan air besar-besaran di bawah Jembatan Minto. Hujan juga menyebabkan runtuhnya rumah-rumah dan pepohonan di beberapa daerah.

Kubah masjid telah hancur berkeping-keping. Puing-puing kubah yang dibangun pada tahun 1823 ini masih dibiarkan tertumpuk di atap masjid.

Dilansir di India TV News, pencinta warisan India lantas turun ke media sosial Twitter untuk mengungkapkan kesedihan mereka atas kerusakan yang dialami Masjid Mubarak Begum saat hujan deras.

“Kubah Masjid Mubarak Begum yang ikonik telah rusak, karena hujan,” tulis Purani Dilli Walon ki Baatein, sebuah platform populer untuk mempromosikan warisan di Old Delhi, dilansir di India TV News, Senin (20/7).

Berbagi video yang menampilkan kerusakan masjid beredar di media sosial. Bahkan, beberapa menyebut kerusakan diakibatkan karena kilat yang menyambar.

“Arsitektur yang terkenal, Masjid Mubarak Begum unik dalam banyak hal, dihancurkan oleh kilat,” lanjut platform tersebut sembari menambahkan tagar, #RestoreMasjidMubarakBegum.

Shahjehanabad atau Old Delhi adalah rumah bagi bangunan-bangunan peninggalan yang tak terhitung jumlahnya. Banyak monumen-monumen tua maupun landmark ikonik yang sangat membutuhkan pelestarian.

Anggota Dewan Wakaf Delhi, Himal Akhtar, mengatakan seorang arsitek dan insinyur akan dikerahkan untuk memeriksa kerusakan masjid. Setelah itu, baru dilakukan upaya restorasi terhadap masjid. “Kami akan memperbaiki masjid ini berdasarkan skala prioritas,” ucap Akhtar dilansir di The Indian Express.

Masjid Mubarak Begum dibangun pada tahun 1823 oleh seorang gadis penari dari Pune yang masuk Islam setelah menikah dengan Jenderal David Ochterlony. Jenderal David merupakan seorang warga Inggris di Delhi pada masa kepemimpinan Sultan Akbar Shah II. 

Sumber: 

https://www.indiatvnews.com/amp/news/india/masjid-mubarak-mosque-central-dome-falls-photo-old-delhi-delhi-rains-635588

https://indianexpress.com/article/cities/delhi/delhi-19th-century-mosque-damaged-by-lightning-6514109/

Share this post