Sidang Isbat Awal Dzulhijjah Kemenag Digelar Hari Ini

Sidang Isbat Awal Dzulhijjah Kemenag Digelar Hari Ini

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Kementerian Agama akan menggelar sidang itsbat (penetapan) awal Dzulhijjah 1441 H hari ini, Selasa (21/7). Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais) Kementerian Agama, Moh Agus salim, mengatakan, sidang itsbat tersebut akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi. Karena masih pandemi Covid-19, sidang itsbat dilakukan mengikuti protokol kesehatan, sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kemenag.

“Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Komisi VIII DPR,” kata Agus, melalui pesan elektronik kepada Republika.co.id, Selasa (21/7).

Sementara itu, ia mengatakan, peserta dari unsur pimpinan ormas Islam diundang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan. Selanjutnya, hasil sidang itsbat akan disiarkan secara terbatas melalui TVRI yang menjadi TV Pool dan melalui media sosial Kemenag saat melakukan live streaming.

Sidang itsbat terbagi dalam tiga tahap. Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Dzulhijah 1441H oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya. Sesi kedua, sidang Isbat yang dimulai setelah Magrib dan dipimpin oleh Menag. Sidang diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 84 titik di seluruh Indonesia.

“Sesi ketiga, Menteri Agama mengumumkan hasil sidang itsbat secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag,” tambahnya.

Kemenag menempatkan 84 titik lokasi rukyatul hilal awal Dzulhijah 1441H/2020M. Di Aceh, salah satunya, pemantauan hilal dilakukan di Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang, Bukit Tower PT. Arun, Aceh Jaya Gunung Cring Cran, Pantai Suak Geudeubang Kab. Aceh Barat, di Aceh Selatan di Pantai Lhok Keutapang, Simeulue, Pantai Teluk Dalam, dan Tugu “KM 0” Indonesia, serta Kota Sabang.

Di Sumatera Utara, pemantauan dilakukan di Rooftop Gedung Server BMKG Wilayah 1 Sumatera Utara dan Observatorium OIF UMSU. Di Sumatera Barat dilakukan di Gedung Kebudayaan Padang Sumatera Barat.

Di DKI Jakarta, pemantauan hilal dilakukan di Gedung Kanwil Kemenag  DKI Jakarta lt. 7, Ma’had Al Husniyah Cakung Tipar Jakarta Timur, Love Bridge, Beach Pool Kawasan Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, PP. Al Hidayah BASMOL Jakarta.

Sedangkan di Jawa Barat, dilakukan di POB Cibeas Pelabuhan Ratu, Bosscha Lembang Bandung, Kab. Bandung Barat, Gunung Babakan Kota Banjar, Pantai Santolo Pamengpeuk Kab. Garut, Pantai Cipatujah Kab. Tasikmalaya, Pantai Gebang Kab. Cirebon, SMA Astha Hannas Binong Kab. Subang, dan Pantai Pondok Bali Kab. Subang. Di Banten dilakukan di Hotel Alissa Anyer.

Di Maluku, pemantauan hilal dilakukan di Tugu Martha kristina Tiajahahu Sirimau Ambon. Di Maluku Utara dilakukan di Pantai Sahu Kab. Halmahera Barat, Pantai Rua Kota Ternate. Sedangkan di Papua di Pantai Tarfia Kec. Demta Kab. Jayapura.

Share this post