Yang Harus Dilakukan Jika Umroh Diizinkan Arab Saudi

Yang Harus Dilakukan Jika Umroh Diizinkan Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA–Arab Saudi masih menutup akses masuk bagi jamaah umroh asal Indonesia. Jika Saudi mencabut larangan masuk ke Arab Saudi akan menetapkan protokol kesehatan ketat.

“Selama Covid-19 masih ditetapkan sebagai pandemi maka kemungkinan protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat di Arab Saudi,” kata Pembimbing Haji Dan Umroh Ustad Rafiq Jauhary saat dihubungi Republika, Senin (6/9)

Menurut Rafiq yang juga pemilik Travel Taqwa Tours mengatakan, namun ke depan jika status diturunkan menjadi endemi, kemungkinan protokolnya akan diperringan. Arab Saudi akan memfilter asal jamaah dari negara endemi, sementara dari negara yang penularan Covidnya rendah maka protokolnya akan dipermudah.

Saat ini kata dia, menjelang keberangkatan jamaah haji di tanggal 10 Juli 2021/ 1 Dzulhijjah 1442 H kasus harian di Arab Saudi mencapai 1.177 perhari. Sekarang kasus harian hanya 120 orang saja, artinya kasusnya semakin menurun.

“Artinya penurunannya hampir 90 persen dalam waktu 2 bulan,” katanya.

Selain karena prokes yang ketat Arab Saudi dapat menekan angka penularan covid karena vaksinasinya yang cukup massif. Berdasarkan data pada 4 September 2021 sudah ada 45,1 persen warga Arab Saudi yang telah divaksin lengkap 2 dosis.

“Jika dihitung dengan yang telah divaksin 1 dosis maka jumlahnya mencapai 65,3 persen,” katanya.

Share this post